Blog ini aku buat sebenernya tujuannya simpel aja, buat share tentang apa yang aku alamin di kehidupan sehari-hari. Karena dari waktu ke waktu pasti ada aja ketemu hal-hal yang baru. Jadi tentunya selama masih hidup aku MASIH HARUS BELAJAR untuk terus beradaptasi dengan hal-hal baru itu. Isinya bisa tentang obrolan-obrolan ringan, hewan peliharaan, kucing, musik, hobi, investasi, tips, trick, resep, cerita-cerita, psikologi dan macem-macem lagi yang menurutku menarik buat dishare. Selamat membaca yaaa... :)

Rabu, 24 Agustus 2011

Apakah Reksadana dan Danareksa?


Beberapa bulan yang lalu, aku lagi cari-cari lowongan kerja di internet. Terus ketemu lowongan management trainee di danareksa. Berhubung aku nggak ngerti danareksa itu apa, jadi aku coba tanya-tanya deh sama orang-orang disekitar aku. Abisnya kan nggak lucu tuh masa mau ngelamar kerja tapi nggak tau sama sekali ini perusahaan apa ya…. :P Eh begitu aku tanya, malah mereka kok balik nanya ke aku “maksudnya danareksa apa reksadana?” Hmmm….

Bukannya dapet pencerahan, aku malah makin bingung. Emang apa bedanya yah? Jadinya aku coba browsing-browsing di internet aja. Ternyata danareksa itu ada hubungannya sama investasi pasar modal, saham, gitu-gitu. Waduuh mana aku ngga punya basic ekonomi sama sekali nih, jadi buta banget deh masalah-masalah kayak gitu…. :P

Tapi ternyata aku nggak sendirian. Rata-rata orang awam di Indonesia sepertinya juga banyak yang nggak ngerti apa itu reksadana atau danareksa. Kalo ditanya apa perbedaannya, sebagian besar orang bakal jawab “ga tau” atau “bukannya sama aja” atau bahkan “apaan tuh? Baru denger gw”. Hmmmm… padahal aku nanyanya sama orang-orang yang rata-rata pernah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi lho.

Setelah ngumpulin informasi dari berbagai sumber, akhirnya aku mulai ngerti tentang keduanya. Sekedar berbagi pengetahuan, berikut ini definisi Danareksa dan Reksa Dana:
Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan ke aset finansial lainnya.
PT Danareksa adalah BUMN yang bergerak di bidang jasa keuangan dan melakukan kegiatan utama di bidang pasar modal dan pasar uang sebagai perusahaan pembiayaan, perantara pedagang efek, penjamin emisi efek, serta pengelolaan investasi dan reksa dana.
               
Wah bagi saya bahasanya kok rada susah nih…. Jadi akan saya coba buat deskripsikan dengan bahasa saya sendiri, siapa tau bisa lebih mudah.  Kalau salah mohon bantuan koreksinya ya… :D Jadi kalau menurut saya :
Reksa dana adalah salah satu bentuk/cara berinvestasi di pasar modal, dengan cara mengumpulkan sejumlah dana dari banyak orang (nasabah), kemudian dana tersebut digunakan untuk melakukan investasi bersama, dengan cara membeli saham, obligasi, dan surat utang.
Sedangkan PT Danareksa sendiri  adalah salah satu perusahaan penyedia/penjual produk reksadana.
Jadi kalo dianalogikan dengan bank, Danareksa itu ibaratnya nama banknya (misalnya Bank Samiun). Sedangkan reksadana itu ibaratnya nama produk yang ditawarkannya misalnya tabungan.

Nah gimana? Tambah ngerti atau malah nambah ribet? Hehehe :P

Sebenarnya, di Indonesia tidak hanya PT Danareksa yang menjual reksadana. Masih banyak perusahaan-perusahaan lain yang juga menjual reksadana. Penyedia / penjual reksa dana selain PT Danareksa antara lain Manulife, Schroder, AIA, Mandiri Sekuritas, dll.

Reksa dana yang di tawarkan juga beragam. Ada juga produk reksa dana yang sudah tergabung dengan asuransi. Selain reksa dana konfensional, saat ini juga sudah ada reksa dana syariah. Sehingga untuk kaum muslim bisa lebih tenang untuk berinvestasi melalui reksa dana. Berdasarkan portofolionya, secara umum dibagi menjadi reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. 

Saat ini, alhamdulillah saya sudah menjadi salah satu pemegang produk reksa dana. Namun saya masih nubi, jadi saya masih harus belajar benyak untuk lebih mengerti tentang investasi ini. Untuk teman-teman yang sudah lebih mengerti, mohon bantuannya ya… Dan jika ada yang tidak tepat dengan tulisan saya, mohon koreksinya…. :D

Sebenarnya menurut saya investasi itu mirip-mirip dengan kita menabung di bank. Lantas apa sih bedanya antara menabung dan investasi? Apa itu portofolio? apakah perbedaan antara reksa dana satu dengan yang lainnya? Bagaimana cara kita memilih reksa dana yang tepat? Apa itu pasar modal, sukuk, obligasi, Surat Utang Negara dan saham? Hmmm… untuk penjelasannya tunggu tulisan saya selanjutnya ya… Insya Allah akan mengulas satu-persatu tentang hal-hal di atas… :D

2 komentar:

  1. terima kasih ^^
    artikelnya sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Pt Danareksa adalah perusahaan yang ciptakan produk yang namanya reksadana

    BalasHapus