Blog ini aku buat sebenernya tujuannya simpel aja, buat share tentang apa yang aku alamin di kehidupan sehari-hari. Karena dari waktu ke waktu pasti ada aja ketemu hal-hal yang baru. Jadi tentunya selama masih hidup aku MASIH HARUS BELAJAR untuk terus beradaptasi dengan hal-hal baru itu. Isinya bisa tentang obrolan-obrolan ringan, hewan peliharaan, kucing, musik, hobi, investasi, tips, trick, resep, cerita-cerita, psikologi dan macem-macem lagi yang menurutku menarik buat dishare. Selamat membaca yaaa... :)

Fish

Senin, 30 April 2012

Resep Selai Coklat (Serta Tips n Trick)

Selai coklat siapa yang tidak suka? Kebetulan di rumah lagi ada coklat masak nih.  
Hmmm... Dipikir-pikir jadi bingung mau dibikin apa.... Kalau bikin kue lagi males, repot sih!! :P 
Ya sudah, bikin selai coklat saja deeeh... Bikinnya sangat gampang, praktis buat sarapan roti pagi-pagi, bergizi, n sekeluarga jg pada doyan, xixixixi :D

Siapa tau ada temen-temen yang mau ikutan bikin juga? ini resepnya....

Bahan-Bahan :
250 gr dark chocolate compound
100 ml Susu Cair Coklat
3 sdm mentega/margarin

Cara membuat :
1. Gerus coklat sampai halus. Semakin halus semakin baik selai yang dihasilkan. Hindarkan hanya memotong2 coklat, karena nanti hasilnya jadi berbutir-butir. Sisihkan.
2. Panaskan mentega/margarin sampai cair.
3. Masukkan susu cair, kemudian panaskan terus sampai mendidih sambil terus diaduk.
4. Segera siram ke atas coklat yang sudah digerus tadi.
5. Aduk-aduk terus, sampai semua coklat meleleh dan tercampur rata. Coklat akan terlihat sangat cair sekali. Jangan khawatir, nanti setelah dingin akan mengental sendiri.
6. Masukkan coklat ke dalam toples dan tunggu sampai dingin. Kemudian simpan di kulkas 1 malam, selai coklat yang sudah mengental siap digunakan.

Tips n Trick :
1. Coklat masak yang dipakai di sini bisa dibeli di supermarket-supermarket. Ingat pakai coklat yang buat dimasak yaa, bukan coklat batangan sudah tinggal makan.
2. Kalau rasa tergantung selera, biasa pakai white chocolate juga, atau bisa dicampur.
3. Untuk susunya juga menyesuaikan, kalau white chocolate pakai susu putih.
4. Susu cair jangan diganti susu bubuk yang dicairkan ya (suka kurang nyatu nanti sama coklatnya... don't know why).
5. Kalau inngin lebih manis bisa ditambah gula pasir, gula dimasak dulu bersama dengan susu dan mentega sampai larut. Tapi kalau menurut saya sih tanpa di tambah gula juga sudah cukup manisnya.

Selamat mencoba!! :D